Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

LOMBA IARC 2019 di ITS


IARC atau kependekan dari Industrial Automation and Robotic Compotition merupakan ajang kompetisi tahunan bergengsi tingkat nasional dalam bidang teknologi yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Elektro Otomasi ITS  pada tanggal 12-14 April 2019 ,dimana telah menginjak tahun ke-9 sejak awal diselenggarakannya dan bertempat  di Gedung Pusat Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Acara terlaksana dengan tema “Revolusi Industry 4.0” dengan tujuan guna mempersiapkan dalam mengadapi revolusi industy 4.0,ajang kompetisi yang dikhususkan  pada bidang robotika, keilmiahan dan teknologi ini, terdiri dari beberapa kategori yang bisa diikuti  oleh seluruh jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. Kategori yang diperlombakan meliputi,  Programmable Logic Controller, Line Tracer Analog, Smart Robotic Car, Line Tracer Micro, Lego NXT, Mading Electrics dan Karya Tulis Ilmiah.

Dalam ajang bergengsi tahun ini, Politeknik Negeri Madiun prodi Teknik Komputer Kontrol berhasil mendapat Juara 1 atas nama Akbar Januar Priatmojo dan Aldi Dwi Setiawan dengan kategori perlombaan PLC (Al-Faruq Logic Team).Mereka berhasil lolos dari babak penyisihan dan semi final dari 41 tim tinggal 6 tim termasuk tim dari PNM sendiri .

Pada final mereka berhasil mendapat juara 1 . Perasaan bangga dan tidak menyangka menghantui pikiran mereka .Mereka mengungkapkan bahwa kendala pada lomba tersebut antara lain mereka belum pernah menggunakan PLC merk tersebut ,dari pengalaman sendiri mereka baru pertama kali lomba dalam kategori mahasiswa.”Adanya manual book kami mudah memahami merk PLC tersebut” ungkapnya. Bahwa keterbatasan bukan menjadi penghalang bagi mereka ,justru memotivasi mereka agar lebih bersemangat.

Harapan kedepan dari pihak kampus diharapkan lebih memperhatikan Mahasiswa -mahasiswa yang berprestasi karena kalau mengikuti lomba tidak hanya mental dan fisik yang perlu dipersiapkan. Harapan untuk kakak tingkat,teman-teman seangkatan dan untuk adik adik tingkat agar lebih giat belajar” ujarnya.