style2
Menjuarai Lomba Melalui Teknologi

Telah dilaksanakan Lomba Teknologi Tepat Guna yang diadakan oleh Pemerintah Kota Madiun tahun 2017.  Lomba tersebut diikuti oleh satu kelompok perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Kontrol di bidang kelompok Mahasiswa/MAsyarakat yaitu Krisna Bayu Adrianto dan ketiga temannya yaitu Muhammad Hamdan Saifullah, Yoga Setia Hanggara serta Rahmad. Alat yang mereka lombakan diberi nama Monitoring Kualitas Air Danau Berbasis Web.

Alat yang dilombakan tersebut dilengkapi oleh 3 sensor yaitu sensor temperature,  sensor pH air dan sensor kekeruhan. Dimana kebiasaan yang saat ini tejadi, masyarakat masih menguku suhu, pH air dan kekeruhan secara manual. Namun dengan menggunakan alat ini, pengguna dapat memperoleh hasil dari alat dengan pantauan web yang telah terinstal dengan alat tersebut

Alat tersebut pertama diuji coba pada air danau Telaga Ngebel dengan pengukuran suhu, pH air dan kekeruhan. Berbasis web digunakan untuk pengecekan hasil yang terdeteksi pada alat langsung tersambung pada aplikasi yang telah dibuat. Sehingga memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang diperoleh dengan tampilan web yang dapat terdeteksi sejauh 500 meter dari keberadaan alat.

Alat yang dibuat selama 2 bulan tersebut berhasil meraih juara 1 di kategori kelompok Mahasiswa/Masyarakat dan mendapat hadiah sebesar Rp 4.500.000. Hadiah tersebut diperoleh sebagai uang pembinaan atas alat yang telah dibuat.